RSS

Penemu dari Islam yang mengubah Dunia Kita

24 Mar

Kurikulum pendidikan Indonesia, baik dari SD s.d Perguruan Tinggi jarang yang membahas para ilmuwan yang berasal dari Islam. Padahal Ilmuwan/para ahli yang sering kita pakai teori nya mengambil dari Kebudayaan Islam yang sedang jaya-jayanya pada waktu itu. Tetapi karena konspirasi dan manipulasi sejarah, elite barat menutup-nutupi kedigdayaan Islam dari segi Aspek Ilmu pengetahuan yang pada akhirnya diklaim oleh orang-orang Barat/Eropa sendiri. Yang masih saya ingat dan masih ada ialah Al-Jabbar dalam matematika. Dibawah ini beberapa 20 penemu-penemu yang berasal dari Islam yang mengubah dunia kita sampai dengan saat ini :

1. Cerita dimulai ketika seorang Arab bernama Khalid sedang menggembalakan kambing-kambingnya di wilayah Kaffa di Ethiopia selatan, ketika ia melihat binatang-nya menjadi lebih hidup setelah makan berry tertentu. Ia merebus berry untuk membuat kopi pertama. Tentu saja catatan pertama minuman adalah kacang diekspor dari Ethiopia ke Yaman di mana para sufi meminumnya untuk tetap terjaga sepanjang malam untuk berdoa pada kesempatan khusus. Pada akhir abad ke-15 itu telah tiba di Mekah dan Turki dari tempat itu membuat jalan ke Venesia pada tahun 1645. Itu kemudian dibawa ke Inggris pada 1650 oleh seorang Turki bernama Pasqua rosée yang membuka rumah kopi pertama di Lombard Street di kota London. Qahwa bahasa Arab menjadi kahve Turki maka caffe Italia dan kemudian Inggris kopi.

2. pikir Yunani kuno yang dipancarkan sinar mata kami, seperti laser, yang memungkinkan kita untuk melihat. Orang pertama yang menyadari bahwa sinar memasuki mata, daripada meninggalkannya, adalah muslim abad ke-10 matematikawan, astronom dan fisikawan Ibn al-Haitham. Ia menemukan lubang pin pertama kamera setelah melihat jalan cahaya itu datang melalui sebuah lubang di jendela jendela. Semakin kecil lubang, semakin baik gambar, ia bekerja keluar, dan mengatur Camera Obscura pertama (dari kata Arab untuk qamara gelap atau kamar pribadi). Dia juga dikreditkan dengan menjadi orang pertama bergeser fisika dari kegiatan filosofis untuk percobaan satu.

3. Bentuk catur dimainkan di India kuno tetapi permainan ini dikembangkan ke dalam bentuk yang kita kenal sekarang ini di Persia. Dari sana menyebar ke arah barat ke Eropa – di mana diperkenalkan oleh bangsa Moor di Spanyol pada abad ke-10 – dan ke arah timur sampai sejauh Jepang. Kata benteng berasal dari benteng Persia, yang berarti kereta.

4. Beberapa ribu tahun sebelum Wright brothers seorang penyair muslim, astronom, musisi dan insinyur bernama Abbas ibn Firnas membuat beberapa upaya untuk membangun sebuah mesin terbang. Pada 852 ia melompat dari menara Masjid Agung di Cordoba dengan menggunakan mantel longgar menegang dengan kayu penopang. Dia berharap untuk meluncur seperti burung. Dia tidak. Tapi memperlambat jubah jatuh, menciptakan apa yang dianggap sebagai parasut pertama, dan meninggalkan dia dengan hanya luka ringan. Tahun 875, umur 70, setelah menyempurnakan sebuah mesin sutra dan elang ‘bulu ia mencoba lagi, melompat dari sebuah gunung. Ia terbang ke ketinggian yang signifikan dan tetap tinggi-tinggi selama sepuluh menit, tapi jatuh saat mendarat – penutup, dengan benar, bahwa itu karena ia tidak diberi perangkat ekor supaya warung saat mendarat. Bandar udara internasional Baghdad dan sebuah kawah di Bulan diberi nama setelah dia.

5. Mencuci dan mandi adalah syarat agama bagi umat Islam, yang barangkali mengapa mereka menyempurnakan resep untuk sabun yang masih kita gunakan saat ini. Mesir kuno mempunyai sabun dari jenis, seperti halnya Romawi yang menggunakannya lebih sebagai minyak rambut. Tapi itu adalah orang Arab yang menggabungkan minyak nabati dengan sodium hidroksida dan senyawa aromatik seperti minyak thyme. Salah satu Tentara Salib karakteristik paling menonjol, hidung Arab, adalah bahwa mereka tidak mandi. Sampo diperkenalkan ke Inggris oleh seorang Muslim yang membuka Mahomed’s Indian Vapour Baths di pinggir laut Brighton pada 1759 dan diangkat keramas Bedah untuk Raja George IV dan William IV.

6. Distilasi, cara memisahkan cairan melalui perbedaan titik didih mereka, diciptakan sekitar tahun 800 oleh ilmuwan terkemuka Islam, Jabir bin Hayyan, yang mengubah alkemi menjadi kimia, menemukan banyak proses dasar dan aparat masih digunakan sampai sekarang – pencairan , kristalisasi, distilasi, pemurnian, oxidisation, penguapan dan filtrasi. Selain menemukan belerang dan asam nitrat, dia menemukan masih alembic, memberikan air mawar dan intens dunia parfum dan beralkohol lainnya roh (walaupun minum mereka adalah haram, atau dilarang, dalam Islam). Ibn Hayyan menekankan eksperimentasi sistematis dan adalah pendiri kimia modern.

7. poros engkol adalah alat yang diterjemahkan ke dalam gerakan linier berputar dan merupakan pusat banyak dari mesin di dunia modern, paling tidak mesin pembakaran internal. Salah satu penemuan mekanis terpenting dalam sejarah umat manusia, itu diciptakan oleh insinyur Muslim yang cerdik disebut al-Jazari untuk mengangkat air untuk irigasi. 1206 Kitab-Nya Pengetahuan tentang Cerdik Mechanical Devices menunjukkan ia juga menciptakan atau memperbaiki penggunaan katup dan piston, menyusun beberapa jam mekanis pertama digerakkan oleh air dan berat, dan merupakan ayah dari robotika. Di antara penemuan 50 lainnya adalah kunci kombinasi.

8. quilting adalah metode menjahit atau mengikat dua lapisan kain dengan lapisan bahan isolasi di antara keduanya. Tidak jelas apakah itu diciptakan di dunia Muslim atau apakah itu diimpor sana dari India atau Cina. Tapi jelas datang ke Barat melalui Tentara Salib. Mereka melihat ini digunakan oleh prajurit Saracen, yang memakai diisi jerami-kanvas berlapis kemeja bukannya baju zirah. Selain sebagai bentuk perlindungan, itu terbukti efektif melawan gesekan menjaga para Tentara Salib ‘baju zirah logam dan merupakan bentuk yang efektif isolasi – sedemikian rupa sehingga menjadi industri rumahan kembali ke rumah di daerah beriklim dingin seperti Britania dan Belanda.

9. menunjuk lengkungan sehingga karakteristik katedral Gothic di Eropa adalah sebuah penemuan yang dipinjam dari arsitektur Islam. Itu jauh lebih kuat daripada lengkungan bundar yang digunakan oleh Romawi dan Normandia, sehingga memungkinkan pembangunan yang lebih besar, lebih tinggi, lebih kompleks dan bangunan megah. Pinjaman lain dari jenius muslim termasuk kubah bergaris, naik jendela dan teknik bangunan kubah. Kastil Eropa juga disesuaikan untuk menyalin dunia Islam – dengan arrow celah, benteng, sebuah benteng dan parapets. Square menara dan terus memberi jalan untuk lebih mudah dipertahankan yang bulat. Henry V’s castle arsitek adalah seorang Muslim.

10. Banyak instrumen bedah modern dari desain yang persis sama seperti yang dirancang di abad ke-10 oleh seorang ahli bedah Muslim bernama al-Zahrawi. Nya pisau bedah, gergaji tulang, gunting tang, gunting halus untuk bedah mata dan banyak dari 200 instrumen ia menciptakan yang dikenali untuk bedah modern. Dialah yang menemukan bahwa tali yang digunakan untuk melarutkan jahitan internal pergi secara alami (sebuah penemuan yang dibuatnya ketika monyet makan kecapi string) dan bahwa hal itu dapat juga digunakan untuk membuat obat kapsul. Pada abad ke-13, tenaga medis muslim lain bernama Ibnu Nafis menggambarkan sirkulasi darah, 300 tahun sebelum William Harvey menemukannya. Dokter muslim juga menemukan anestetik opium dan alkohol campuran dan dikembangkan jarum berongga untuk menyedot katarak dari mata di sebuah teknik yang masih digunakan sampai sekarang.

11. kincir angin ditemukan pada 634 untuk khalifah Persia dan digunakan untuk menggiling jagung dan membuat air untuk irigasi. Di padang pasir luas Arabia, ketika musim kering sungai berlari, satu-satunya sumber kekuasaan adalah angin yang bertiup terus-menerus dari satu arah selama berbulan-bulan. Pabrik memiliki enam atau 12 layar tertutup kain atau daun palem. Itu adalah 500 tahun sebelum kincir angin pertama terlihat di Eropa.

12. Teknik inokulasi tidak ditemukan oleh Jenner dan Pasteur tapi dirancang di dunia Muslim dan dibawa ke Eropa dari Turki oleh istri Duta Besar Inggris ke Istanbul pada tahun 1724. Anak-anak di Turki telah divaksinasi dengan cacar sapi untuk melawan cacar mematikan setidaknya 50 tahun sebelum menemukannya Barat.

13. pulpen diciptakan untuk Sultan Mesir pada 953 setelah ia menuntut pena yang tidak akan menodai tangan atau pakaian. Ini diadakan tinta dalam sebuah reservoir dan, seperti pena modern, makan tinta dengan pena oleh kombinasi gravitasi dan kapiler.

14. Sistem penomoran dalam menggunakan semua keliling dunia mungkin berasal dari India tetapi gaya adalah angka arab dan dicetak pertama kali muncul di dalam karya matematikawan Muslim al-Khawarizmi dan al-Kindi sekitar 825. Aljabar ini dinamakan al-Khwarizmi buku, Al-Jabr wa-al-Muqabilah, banyak yang isinya masih digunakan. Karya sarjana matematika Muslim diimpor ke Eropa 300 tahun kemudian oleh matematikawan Italia, Fibonacci. Algoritma dan banyak teori trigonometri berasal dari dunia Muslim. Dan Al-Kindi penemuan analisis frekuensi membuat semua kode dari dunia kuno larut dan menciptakan dasar kriptologi modern.

15. Ali bin Nafi, dikenal dengan julukan Ziryab (Blackbird) datang dari Irak ke Cordoba pada abad ke-9 dan membawa konsep tiga macam hidangan – sup, diikuti dengan ikan atau daging, lalu buah-buahan dan kacang-kacangan. Dia juga memperkenalkan gelas kristal (yang telah ditemukan setelah eksperimen dengan batu kristal oleh Abbas ibn Firnas – lihat No 4).

16. Karpet dianggap sebagai bagian dari surga oleh muslim abad pertengahan, berkat teknik menenun yang maju, tincture baru dari kimia Islam dan perasaan yang sangat maju dan endy pola yang merupakan dasar Islam non-representasional seni. Sebaliknya, Eropa lantai itu jelas duniawi, bukan berarti bersahaja, sampai karpet Arab dan Persia diperkenalkan. Di Inggris, seperti dicatat Erasmus, lantai mereka “ditutupi rushes, kadang-kadang diperpanjang, tapi begitu sempurna sehingga lapisan bawah dibiarkan tak terganggu, kadang-kadang selama 20 tahun, menyembunyikan meludah, muntah, kebocoran anjing dan laki-laki, ale kotoran, potongan-potongan ikan, dan kekejian lain tidak cocok untuk disebutkan “. Karpet, tidak mengejutkan, tertangkap dengan cepat.

17. cek modern berasal dari bahasa Arab saqq, sumpah tertulis untuk membayar barang-barang ketika mereka dikirim, untuk menghindari uang harus diangkut di daerah berbahaya. Pada abad 9, seorang pengusaha Muslim dapat menguangkan cek di China ditarik pada bank di Baghdad.

18. Pada abad ke-9, banyak sarjana muslim menganggap sudah sewajarnya bahwa Bumi adalah sebuah bola. Buktinya, kata ahli astronomi Ibn Hazm, “adalah bahwa matahari selalu vertikal titik tertentu di Bumi”. Itu adalah 500 tahun sebelum realisasi sadar bahwa Galileo. Perhitungan astronom Muslim begitu akurat bahwa pada abad ke-9 mereka diperhitungkan keliling Bumi untuk menjadi 40,253.4 km – kurang dari 200km keluar. Sarjana al-Idrisi membawa bola dunia yang menggambarkan dunia ke pengadilan Raja Roger dari Sisilia pada tahun 1139.

19. Meskipun diciptakan sendawa cina mesiu, dan menggunakannya dalam kembang api mereka, itu adalah orang-orang Arab yang bekerja di luar itu dapat disucikan dengan menggunakan potasium nitrat untuk penggunaan militer. Perangkat pembakar muslim ketakutan Tentara Salib. Pada abad ke-15 mereka berdua menemukan roket, yang mereka sebut “bergerak sendiri dan combusting telur”, dan torpedo – a self-propelled bom berbentuk buah pir dengan tombak di bagian depan yang tertusuk dirinya dalam kapal-kapal musuh dan kemudian meledak.

20. Medieval Eropa memiliki dapur dan kebun herbal, tetapi orang-orang Arab yang mengembangkan gagasan kebun sebagai tempat keindahan dan meditasi. Pertama kesenangan taman kerajaan di Eropa dibuka di abad ke-11 Muslim Spanyol. Bunga yang berasal dari taman Muslim termasuk anyelir dan tulip.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 24, 2010 in penemuan

 

One response to “Penemu dari Islam yang mengubah Dunia Kita

  1. nadiafitriana

    Maret 24, 2010 at 3:22 pm

    ini buat faisal akbar sayang ku^^
    http://www.icalonlyone.weebly.com

     

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: